Tema dan Logo HUT ke 79 RI, Simbol Transisi dan Harapan Bangsa Mencerminkan IKN

- 27 Juni 2024, 14:43 WIB
Pemerintah resmi meluncurkan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia 2024 “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dipilih untuk menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yaitu kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa
Pemerintah resmi meluncurkan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia 2024 “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dipilih untuk menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yaitu kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok Indonesia.go.id

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah resmi mengumumkan tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 2024, "Nusantara Baru Indonesia Maju."

Tema yang dipilih adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju" untuk menggambarkan perubahan yang akan terjadi pada tahun 2024, termasuk pemindahan Ibu Kota Negara dan pergantian pemimpin nasional.

Baca Juga: 2 Alasan Kucing Aktif Malam Hari, Kemungkinan Terlalu Banyak Tidur  Siang  dan Berburu Mangsa Di malam Hari

Hal itu diumumkan Senin, 24 Juni 2024, oleh Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Heru mengatakan, bahwa logo tahun ini dibuat oleh Inggrid Wenas.

"Logo untuk HUT RI 2024 berbentuk angka 79 dan berwarna merah. Ada tiga garis merah yang menunjukkan angka 7, dan tiga garis merah lainnya menunjukkan angka 9,"

"Lambang negara berisi Pancasila, pilar kebangsaan, dengan ujung angka 7 yang menyerupai paruh Garuda. Ini juga merupakan simbol kekuatan negara," ungkapnya.

Namun, angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas menunjukkan keyakinan Indonesia bahwa peningkatan investasi dan ekspor akan memenuhi tujuan negara untuk meningkatkan ekonomi.

Baca Juga: Apa Itu Shopee Live dan Begini Cara Live Siaran Langsung Streaming yang Bisa Dilakukan

Oleh karena itu, lengkungan yang saling terhubung dari segala arah menunjukkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Selanjutnya, bentuk dahan dan daun dari angka 9 mewakili prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan tetap memperhatikan akar budaya dan identitas nasional.

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah