Titik Nol IKN Nusantara, Terletak Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur  Kini Jadi  Destinasi Wisata Baru

- 3 Juni 2024, 12:54 WIB
Titik nol Nusantara di IKN
Titik nol Nusantara di IKN /X.com@kementerian PURR/

 

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - IKN Nusantara berlokasi Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan nantinya akan menggantikan DKI Jakarta sebagai  ibukota negara. Di kawasan ini sedang dibangun kawasan titik nol IKN Nusantara.

Pada awal pembangunan Ibu Kota Nusantara pemerintah memulai dengan mendirikan titik nol IKN Nusantara. Adalah sebuah monumen berupa beton memiliki tinggi 50 sentimeter.

Baca Juga: Tarif Terendah Penerbangan Domestik dan Internasional dengan Aplikasi AirAsia MOVE Bersama AirAsia Filiphina

Pembangunan monumen berada Sepaku, Penajam Paser Utara bukan tanpa alasan. Pada masa mendatang  Titik Nol IKN Nusantara pemerintah berencana menjadikan referensi lokasi pembangunan berbagai infrastruktur.

Atau dengan kata lain bahwa titik nol IKN Nusantarasebagai tolak ukur sekaligus referensi pembangunan. Mulai istana negara, kantor-kantor pemerintahan dan berbagai infrastruktur pendukung lainnya.

Hal menarik dalam pembangunan titik nol IKN telah dimulai beberapa bulan yang lalu tepatnya 14 Maret 2022. Pada saat itu, Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan kegiatan berkemah bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Aktivitas kemah tidak hanya  Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, tetapi juga gubernur-gubernur seluruh Indonesia. Mereka berkumpul dalam rangkaian acara seremonial “Ritual Kendi Nusantara.

Baca Juga: Keanekaragaman Hayati Wilayah IKN  Nusantara, Otorita IKN  Bangun Kota Forest City yang Pertama Di Dunia

"Yakni penggabungan tanah dan air dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Ritual ini juga sebagai simbol dari Bhinneka Tunggal Ika,"

Halaman:

Editor: Qirey Shakira


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah