Tips Cegah Mabuk Udara Selama Penerbangan Haji, Berikut Penjelasannya

- 20 Mei 2024, 19:19 WIB
CJH Embarkasi Batam saat akan terbang ke Madinah. PPIH Arab Saudi berbagi tips Cegah Mabuk Udara Selama Penerbangan Haji
CJH Embarkasi Batam saat akan terbang ke Madinah. PPIH Arab Saudi berbagi tips Cegah Mabuk Udara Selama Penerbangan Haji /Maulana/ Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Perjalanan yang ditempuh jemaah haji Indonesia dari Tanah Air menuju Arab Saudi berkisar 9-11 jam.

Bagi jemaah haji yang baru pertama kali dan belum terbiasa bepergian dengan pesawat, tak jarang mengalami mabuk udara atau motion sickness.

Baca Juga: Horee! Puskesmas Terpencil dan Terluar akan Ada Akses Internet dari Kemenkes dan Starlink

"Kasus yang banyak terjadi selama penerbangan, bagi jemaah haji biasanya mabuk udara, istilahnya itu motion sickness. Nah kalau di darat sih disebutnya mabuk kendaraan ya," terang Petugas Kesehatan dari Daerah Kerja (Daker) Bandara, dr. Yuliana. Sp. Kp (Spesialis Penerbangan).

"Jadi kebetulan yang pergi, jemaah haji yang mungkin jarang berpergian dengan pesawat dalam waktu yang lama masa terbangnya," imbuh dr. Yuli.

Atau bahkan, lanjutnya, jemaah mungkin baru pertama kali terbang dengan pesawat. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegahnya, yakni dengan mengenali gejalanya.

"Gejala dari motion sickness itu kan pusing, sakit kepala. Kemudian, kalau sudah sakit kepala kita pasti akan mual dan bisa juga muncul muntah. Perut biasanya tidak enak dan kembung," terang dr. Yuli.

Baca Juga: Tak hanya Jago menulis, Melihat Kisah Tim MCH Layani Jemaah Haji Indonesia

Karenanya, ia memberikan beberapa tips kepada jemaah haji agar terhindar dari mabuk udara selama penerbangan, yaitu:

Halaman:

Editor: Maulana

Sumber: PPIH Arab Saudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah