Jangan Cemas, Begini Ciri-Ciri Uang Palsu yang Harus Anda Ketahui

- 19 Juni 2024, 13:32 WIB
Ilustrasi Uang Palsu. Jangan Cemas, Begini Ciri-Ciri Uang Palsu yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Uang Palsu. Jangan Cemas, Begini Ciri-Ciri Uang Palsu yang Harus Anda Ketahui /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok Freepik

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Pasca Polda Metro Jaya berhasil mengungkap jaringan produksi uang palsu di daerah Srengseng, Jakarta Barat.

Bahkan dalam pengungkapan ini, penyidik menangkap tiga tersangka, yaitu M, YA, dan FF dan barang bukti berupa 220.000 lebar uang palsu atau upal dengan pecahan Rp 100.000.

Baca Juga: Cara Bikin Kulit  Wajah Glowing, Pakai Krim Pemutih Bedak Kelly- Minyak Zaitun Wajah Cantik  Berseri  

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, pasalnya berikut ini akan ada bagaimana caranya memeriksa dan memastikan kalau rupiah yang kita pegang itu benar keasliannya.

Ciri-Ciri Uang Palsu

1. Tampilan

Salah satu ciri utama uang palsu adalah kualitas cetakan yang buruk. Biasanya, uang palsu memiliki detail cetakan yang tidak tajam, warna yang pudar, dan tekstur kertas yang berbeda dari uang asli.

Bagian-bagian seperti gambar wajah, angka, dan tulisan mungkin terlihat kabur atau tidak jelas.

2. Kertas yang Berbeda

Uang kertas rupiah terbuat dari kertas khusus yang berbahan serat kapas yang sulit dipalsukan. Sedangkan uang palsu sering kali menggunakan bahan yang lebih murah dan tidak sebagus kertas yang digunakan untuk uang asli. Kertas uang palsu juga cenderung terasa lebih tipis atau lebih tebal dari kertas asli.

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah