BERKUNJUNG ke Pulau Penyengat, Ridwan Kamil Sebut Akar Bahasa Persatuan Ada di Kepulauan Riau

- 31 Maret 2024, 21:09 WIB
BERKUNJUNG di Pulau Penyengat, Ridwan Kamil Sebut Akar Bahasa Persatuan Ada di Kepulauan Riau.
BERKUNJUNG di Pulau Penyengat, Ridwan Kamil Sebut Akar Bahasa Persatuan Ada di Kepulauan Riau. /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Ist

TANJUNGPINANGTODAY.co - Mantan Gubernur Jawa Barat priode 2018 - 2023 Ridwal Kamil mengungkapkan bahwa akar bahasa persatuan ada di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepeulauan Riau (Kepri).

"Saya baru pertama kali berkunjung ke Pulau Penyengat, dan saya terkesima dengan kekayaan budaya dan warisan Melayu yang ada di Pulau Penyengat. Salah satunya adalah Gurindam Dua Belas yang merupakan karya monumental Raja Ali Haji," kata Ridwan Kamil yang akrab disama Kang Emil.

Baca Juga: Bitung Sorong Dimasa Mudik Lebaran 2024, Dilayani 2 Kapal Pelni

Menurutnya, bahasa Indonesia adalah perekat utama bangsa Indonesia yang terdiri dari beranekaragam suku dan bahasa daerah.

Ia menambahkan ada banyak negara lain yang pecah karena tidak mempunyai bahasa nasional yang kuat.

"Yang paling dikenal oleh kita generasi pasca kemerdekaan adalah ternyata bahasa persatuan kita bahasa Indonesia ternyata akarnya datang dari sini, Pulau Penyengat," terang Kang Emil.

Baca Juga: KEJAR SPBU Curang, Polsek Bengkong Pastikan Jumlah Literan Akurat Jelang Lebaran 2024

"Karena itu seluruh generasi muda Indonesia wajib datang ke Penyengat untuk mempelajari sejarah bahasa Indonesia dari tempat kelahirannya," ungkap Kang Emil.

Kang Emil juga mengapresiasi sentuhan Gubernur Ansar yang telah menata Pulau Penyengat menjadi sangat rapi dan indah dengan penataan jalan dan trotoar di Pulau Penyengat.

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah