Dewan Gubernur Pertahankan BI-Rate sebesar 6,00 Persen

- 23 Februari 2024, 11:16 WIB
Dewan Gubernur Pertahankan BI-Rate sebesar 6,00 Persen
Dewan Gubernur Pertahankan BI-Rate sebesar 6,00 Persen /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok Kpw BI Kepri

TANJUNGPINANG TODAY - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Februari 2024 kemarin memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

Keputusan ini sejalan dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yang bertujuan untuk memperkuat stabilisasi nilai tukar Rupiah dan menjaga inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1persen pada 2024.

Bank Indonesia juga mengambil langkah-langkah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, termasuk kebijakan makroprudensial yang longgar untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Baca Juga: Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Unggul di Jateng! Pernyataan Bambang Pacul Soal Kalah Amunisi VIRAL!

Selain itu, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran juga didorong guna meningkatkan volume transaksi dan memperluas inklusi ekonomi-keuangan digital.

Beberapa langkah konkret yang diambil Bank Indonesia meliputi:

1. Stabilisasi nilai tukar Rupiah: Melalui intervensi di pasar valas dan optimalisasi strategi operasi moneter yang pro-market.

2. Perluasan pendalaman pasar uang dan pasar valas: Melalui peningkatan volume dan jumlah pelaku transaksi repurchase agreement (repo).

3. Penguatan kebijakan transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK): Dengan fokus pada suku bunga kredit per sektor ekonomi.

Baca Juga: Update WEC 2024 : Tekken dan CSGO Dihapus, Dua Game Helat Turnamen Perempuan

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah