Tekanan Inflasi di Kepulauan Kepri Melandai pada Juni 2024

- 2 Juli 2024, 14:33 WIB
Bank Indonesia (BI) Kepri. Inflasi di Provinsi Kepri pada bulan Juni 2024 terutama disebabkan oleh kenaikan harga komoditas seperti angkutan udara, daging ayam ras, cabai merah, beras, dan ikan tongkol
Bank Indonesia (BI) Kepri. Inflasi di Provinsi Kepri pada bulan Juni 2024 terutama disebabkan oleh kenaikan harga komoditas seperti angkutan udara, daging ayam ras, cabai merah, beras, dan ikan tongkol /Maulana/Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Juni 2024 mencatatkan inflasi sebesar 0,28% (mtm).

Secara spasial, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Karimun mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,29 persen (mtm), 0,16 persen (mtm), dan 0,30 persen (mtm). Dengan demikian, secara tahunan, IHK di Provinsi Kepri mencatatkan inflasi sebesar 3,54 persen (yoy) atau secara tahun kalender tercatat sebesar 1,46 persen (ytd).

Baca Juga: BERTOLAK ke Denpasar, Perjalanan Laut Kapal PELNI KM Tilongkabila Diawal Agustus Baru Tersedia 1 Keberangkatan

Berdasarkan kelompok pengeluaran, inflasi di Provinsi Kepri terutama disebabkan oleh kenaikan harga komoditas angkutan udara, daging ayam ras, cabai merah, beras, dan ikan tongkol. Kenaikan tarif angkutan udara terjadi sejalan dengan meningkatnya permintaan pada momen libur sekolah.

Sementara itu, kenaikan harga komoditas makanan seperti daging ayam ras, cabai merah, dan beras didorong oleh terbatasnya pasokan dari daerah sentra produksi. Kenaikan harga komoditas ikan tongkol disebabkan oleh kenaikan permintaan masyarakat selama HBKN Idul Adha.

Dalam rangka pengendalian inflasi, Bank Indonesia secara konsisten bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik di level Provinsi maupun Kabupaten atau Kota se-Kepri dalam melaksanakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dengan strategi 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif).

Baca Juga: TUJUAN Kupang Nunukan dan Makassar, Berikut Perjalanan Laut Kapal PELNI KM Bukit Siguntang Diawal Agustus

Berbagai upaya stabilisasi harga yang dilaksanakan pada bulan Juni 2024 antara lain:

1. Koordinasi dan sinergi program melalui Rapat koordinasi TPID di wilayah Kepri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau, dan FGD terkait dengan optimalisasi bantuan pangan serta pengaruh bantuan pangan terhadap pengendalian inflasi di Provinsi Kepri.

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah