Pabrik Sepatu Bata Tutup, Jumlah Pesangon Kecil Sampai Pekerja Buruh Nekad  Nginap Di Pabrik

- 11 Mei 2024, 20:55 WIB
Toko riteil khusus menjual sepatu bata
Toko riteil khusus menjual sepatu bata /Instagram@bataponorogo/

 

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Pada tanggal 30 April 2024 PT Sepatu Bata Tbk  produsen sepatu bata memutuskan menutup pabrik sepatu batu di Purwakarta, Jawa Barat dengan alasan omset menurun

Bukan tanpa alasan penutupan pabrik sepatu bata bermarkas di Purwakarta tersbut, tetapi  menurut pihak pabrik PT Sepatu Bata empat tahun terakhir omzet mengalami penurunan drastis.

Baca Juga: Rata-rata Masalah Dokumen dan Izin Tinggal, 55 TKI di Malaysia Kembali Dideportasi ke tanah Air

Jumlah karyawan yang tersisa setelah Bata tutup pabrik, adalah kurang lebih 233 orang yang kemudian diberi kompensasi pesangon oleh pihak perusahaan.

Namun, apa yang terjadi kompensasi pesangon dari perusahaan kurang sesuai sehingga mereka memutuskan mediasi dengan PT Sepatu Bata.

Negoisasi berjalan tampak alot  mendorong para karyawan  bermalam di halaman  perusahaan menunggu  hasil mediasi  antara pihak menejemen  dengan karyawan.

Baca Juga: Pelindungan Ekosistem Mangrove di Indonesia akan Segera Diatur Melalui PP

Pesangon Karyawan Bata

Setelah negosiasi berlangsung alot dan lama membuat karywan bermalam di halaman perusahan dan akhirnya pihak perusahaan sepakat membayar pesangon melebihi ketentuan.

Pesangon 233 karyawan bata yang di PHK akan tetap mendapat pesangon akan dibayar pada hari Senin 13/05/2924  berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (PMTK).***

Editor: Qirey Shakira


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah