Cek Murur Jemaah Haji Indonesia, Semua Siap, InsyaAllah Lancar

- 16 Juni 2024, 13:14 WIB
Untuk kali pertama, pemerintah menerapkan skema murur (melintas) dalam pergerakan jemaah Indonesia dari Arafah ke Mina pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M
Untuk kali pertama, pemerintah menerapkan skema murur (melintas) dalam pergerakan jemaah Indonesia dari Arafah ke Mina pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok PPIH Arab Saudi

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT - Untuk pertama kalinya, pemerintah Indonesia menerapkan skema "murur" dalam pergerakan jemaah haji dari Arafah ke Mina pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, optimisme bahwa kebijakan ini dapat diimplementasikan dengan baik di lapangan.

Baca Juga: Orang yang Berkurban Tidak Boleh Makan Daging Kurbannya, Benarkah? Berikut Penjelasannya

"Tadi saya mengunjungi beberapa maktab untuk memastikan skema murur dapat berjalan dengan baik. Alhamdulillah yang saya lihat relatif tertib. InsyaAllah lancar." kata Yaqut.

Dalam peninjauannya, Menag menyaksikan bahwa jemaah lansia, jemaah dengan risiko tinggi (risti), dan jemaah disabilitas mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas.

"Bus yang untuk mengangkut jemaah untuk mururnya juga sudah mulai berdatangan, dan sebagian sudah naik untuk kita mururkan," tambahnya.

Penerapan skema murur ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran pergerakan jemaah haji Indonesia, khususnya dalam mengatasi tantangan yang sering dihadapi selama pelaksanaan ibadah haji.

Baca Juga: Sebelum Pergi ke Arafah, Jemaah harus Berihram dan Melakukan Niat Haji

Skema ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji, terutama bagi mereka yang memerlukan perhatian khusus.

Halaman:

Editor: Maulana

Sumber: PPIH Arab Saudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah