Perlambatan Ekonomi dan Ketidakpastian Global, Stabilitas Sistem Keuangan Dipastikan Tetap Terjaga

- 1 Februari 2024, 11:31 WIB
Sri Mulyani Indrawati.
Sri Mulyani Indrawati. /

TANJUNGPINANG TODAY – Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) triwulan IV - 2023 tetap terjaga di tengah risiko perlambatan ekonomi dunia dan ketidakpastian pasar keuangan global.

Perkembangan ini didukung oleh kondisi perekonomian dan sistem keuangan domestik yang resilien, serta koordinasi dan sinergi KSSK yang terus diperkuat.

“Dengan perkembangan tersebut, kondisi perekonomian dan sistem keuangan domestik secara keseluruhan tahun 2023 terjaga baik dan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: Kini Daftar Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa dilakukan di Pegadaian, Simak Penjelasannya

Saat in pertumbuhan ekonomi dunia melambat dengan ketidakpastian pasar keuangan yang mereda di tengah divergensi antarnegara yang semakin melebar.

World Bank dalam Global Economic Prospect Januari 2024 memprakirakan pertumbuhan ekonomi global melambat dari sebelumnya 3,0 % di tahun 2022 ke 2,6 % yoy di tahun 2023 dan kembali menurun menjadi 2,4 % yoy di tahun 2024.

Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh cukup kuat di tahun 2023, namun meningkatnya tekanan fiskal, khususnya beban pembayaran bunga utang serta rasio utang pemerintah menjadi risiko utama ke depan.

Di Tengah Risiko Perlambatan Ekonomi dan Ketidakpastian Global, Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga
Di Tengah Risiko Perlambatan Ekonomi dan Ketidakpastian Global, Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga Dok BI Kepri

Baca Juga: Daftar dan Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Kini Bisa Melalui Aplikasi AYO Toko by SRC, Semakin Mudah Aja

Halaman:

Editor: Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah