Daerah Istimewa Surakarta, Provinsi Baru Di Jawa Tengah dan Ini Respon Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka

- 30 Mei 2024, 21:23 WIB
Foto yang menunjukkan akan adanya provinsi Daerah Istimewa Surakarta
Foto yang menunjukkan akan adanya provinsi Daerah Istimewa Surakarta /YouTube@lupa sejarah/

 

TANJUNGPINANG PIKIRANRAKYAT-Wacana pembentukan provinsi baru bernama Daerah Istimewa Surakarta(DIS) atau Provinsi Daerah Istimewa  Solo, tampaknya sudah mulai bergulir di tahun 2024.

Nama populer Solo dan Surakarta sebenarnya hanya penamaan saja, tetapi dipastikan bahwa nama Solo dan Surakarta satu daerah.

Nantinya jika wacana Daerah Istimewa Surakarta benar-benar terlaksana akan ada 6 kabupaten dan 1 kota bergabung ke Provinsi DIS.

Baca Juga: Internet Starlink Milik Elon Musk, Ini Harga Pasang VSAT  yang  Bikin Heboh RI

Namun, yang menjadi pertanyaan sebagian masyarakat mengapa Surakarta disebut daerah istimewa bersama provinsi Yogyakarta.

Daerah istimewa Yogyakarta sudah lama terbentuk dan memiliki sejak tahun 1755 M, sedangkan Surakarta pemerintah dipegang langsung oleh adipati atau sultan.

Daerah Istimewa Surakarta De Facto Sejak Tahun 1945

Pembentukan provinsi DIS sebenarnya sudah pernah ada di masa tahun 1945 secara  De Facto, sebagai daerah otonomi khusus atau daerah istimewa.

Keputusan menjadi DIS lewat pasal 18 UUD 1945 kemudian piagam penetapan Presiden tanggal 19 Agustus 1945 dan UU nomor 1 1945 tentang kedudukan Komite Nasional Daerah.

Halaman:

Editor: Qirey Shakira


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah